Tips

Cara Mengurus Visa Pelajar Ke Luar Negeri

Spread the love

Jika Anda ingin melanjutkan studi belajar Anda ke luar negeri tentunya Anda membutuhkan visa untuk belajar ke luar negeri. Visa ini merupakan kunci ataupun hal yang sangat penting bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan, kuliah maupun travelling ke luar negeri. Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah tentunya harus punya visa belajar. Anda tentunya harus mengurus visa pelajar untuk melanjutkan studi belajar di luar negeri.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua negara membutuhkan visa pelajar karena ada program kursus 3 bulan atau di bawah 3 bulan dan program ini tidak membutuhkan visa pelajar tapi visa yang dibutuhkan adalah visa turis. Orang banyak berpikiran bahwa mengurus visa keluar negeri itu sulit karena mereka berpandangan jika mengurus visa maka prosesnya berliku dan belum tentu visa tersebut keluar.

Eitss tetapi jangan takut karena jika Anda ingin mengurus visa keluar negeri Anda harus mempersiapkan bukti rekening koran atau tabungan yang wajib di lampirkan saat Anda ingin mengajukan visa pelajar keluar negeri. Setelah menyerahkan bukti tersebut Anda akan menghadapi proses selanjutnya, yaitu wawancara dengan pihak kedutaan pada saat Anda mengajukan visa tersebut.

Jika Anda masih bingung dalam proses pengurusan visa pelajar Anda maka Anda sebaiknya memilih agen resmi pemerintah yang dapat membantu Anda dalam proses belajar di luar negeri. Agen tersebut memiliki pelayanan khusus yang menyediakan beberapa paket. Pelayanan dari paket yang disediakan agen resmi dapat dilihat di bawah ini.

Layanan Agen Konsultasi Pendidikan Luar Negeri :

  1. Konsultasi gratis yang diberikan kepada pelajar
  2. Membantu Anda dalam pendaftaran program studi, universitas maupun instansi luar negeri
  3. Pengurusan visa pelajar ke luar negeri
  4. Pencarian mes, kos atau tempat tinggal saat Anda sedang melaksanakan pendidikan di luar negeri
  5. Travel arrangement
  6. Airpot pickup
  7. Membantu Anda saat mengurus test IELTS secara resmi karena test ini syarat yang sangat penting saat Anda ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri
  8. Terakhir adalah pre departure briefing

Informasi diatas adalah informasi layanan yang diberikan oleh suatu agen resmi yang ditugaskan secara khusus oleh negara untuk mengurus tentang urusan warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Dalam mengurus suatu visa pelajar ke luar negeri Anda harus memperhatikan banyak hal agar pengurusan visa Anda dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan dengan sangat hal hal yang menjadi prosedur, persyaratan ataupun jangka waktu untuk mempersiapkan visa tersebut.

Tips And Trik Mengurus Visa Pelajar Ke Luar Negeri

  1. Nilai atau skor tes bahasa inggris

Nilai tes IELTS atau TOEFL adalah syarat pertama yang harus Anda perhatikan karena beberapa negara mengharuskan kalian dalam pengajuan visa pelajar harus melampirkan hasil tes IELTS dan TOEFL. Yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah hasil tes TOEFL ataupun IELTS hanya berlaku selama 2 minggu setelah diterbitkannya hasil tes tersebut. Beberapa negara misalnya inggris hanya memperbolehkan melampirkan hasil tes IELTS yang masih berlaku karena jika Anda melampirkan sertifikat TOEFL maka pengajuan visa pelajar Anda tidak akan diterima.

  1. Lembar Halaman Kosong

Anda harus memastikan saat mengajukan visa pelajar ke luar negeri, paspor Anda harus memiliki 4 sampai 6 lembar halaman kosong. Hal ini dikarenakan visa akan ditempelkan pada paspor dan akan membutuhkan 2 sampai 3 lembar halaman kosong.

  1. Peraturan Paspor dan Pas Foto

Dalam hal melampirkan persyaratan ketiga ini Anda harus cek dengan teliti. Anda harus memastikan karena ada beberapa negara yang mensyaratkan foto dengan latar belakang tertentu.

  1. Biaya saat Pengajuan Visa

Saat Anda ingin mengajukan visa pelajar Anda tentunya akan mengeluarkan biaya dan biaya yang dikeluarkan tentunya harus dilunasi pada saat menyerahkan formulir pengajuan. Anda harus mencari dan menyiapkan berapa besarnya biaya yang akan Anda keluarkan agar pengajuan visa pelajar Anda tidak terhambat.

  1. Fotokopi dokumen pendukung

Anda harus memastikan bahwa hasil fotokopi dokumen Anda jelas. Anda dapat meminta bantuan petugas untuk cek fotokopi apakah dokumen Anda bisa diterima atau tidak. Anda sangat disarankan menyimpan berkas dokumen beserta formulir visa yang akan Anda ajukan.

  1. Daftar Secepatnya

Saat pemrosesan visa pelajar membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2 sampai 3 minggu. Oleh karena itu sebaiknya kamu harus mendaftar secepat mungkin untuk memastikan jika visa yang digunakan keluar sebelum tanggal keberangkatan.

  1. Mempersiapkan diri untuk proses wawancara

Anda sangat diwajibkan untuk mempersiapkan diri dalam proses wawancara karena proses ini adalah proses yang paling akhir dari proses pengajuan visa pelajar yang jadi penentu dalam lulus tidaknya visa tersebut. sebaiknya Anda saat proses wawancara dilakukan harus menunjukkan tujuan ke luar negeri untuk proses belajar daripada untuk tinggal di luar negeri.